10 Software Untuk Desain Grafis

   Halo sobat DokTrenTKJ pada artikel kali ini DokTrenTKJ akan menuliskan 10 aplikasi yang sering digunakan untuk desain grafis. Karena desain grafis ini merupakan salah satu kemajuan di bidang IT yang banyak di cari dan di gunakan dalam berbagai kepentingan seperti contoh pembuatan Benner yang sering kita jumpai di jalan-jalan besar atau pembuatan undangan, kartu nama, brosur, karikatur dan masih banyak sekali fungsi dan kegunaan aplikasi ini. Dan untuk kamu yang masih pemula atau yang masih baru ingin belajar desain grafis mungkin belum terlalu tahu aplikasi apa saja yang bisa di gunakan untuk desain grafis tepat sekali karena kamu membaca artikel ini karena 10 aplikasi ini adalah softwere uang sering digunakan oleh desainer

10 Software untuk desain grafis

 

1. Corel Draw



   Bagi para Desainer, Corel Draw merupakan sebuah software desain grafis penting yang harus dimiliki. Sowtware buatan Corel ini sendiri berfungsi untuk mengelola gambar berbasis Vekktor.

   Dengan kegunaanya tersebut Corel Draw umumnya digunakan untuk menunjang pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan yang membutuhkan visualisasi seperti pembuatan Banner, Logo, Poster dan berbagai macam desain lainnya.

   Corel yang memiliki segudang fitur atau tool-tool ini tergolong mudah untuk dipelajari, bahkan untuk pemula sekalipun. Dengan banyaknya pengguna software ini di seluruh dunia. Kamu bisa dengan mudah mempelajari berbagai tutorial Corel Draw yang tersedia di internet.

2. Adobe Photoshop



   Sebenarnya Adobe Photoshop ini lebih condong ke software pengeditan foto atau gambar karena dilihat dari fitur-fitur yang khusus seperti efek filter. Namun tidak sedikit pula software buatan Aobe ini di andalkan untuk kebutuhan desain grafis semisal seperti pembuatan banner, stiker, loga dan masih banyak lagi. 
   
   Karena banyak sekali pengguna PS ini di belahan dada eh dunia maksud saya, kamu bisa menemukan berbagai jenis dan macam tutorial Adobe Photoshop ini di internet bahkan ada berbagai buku yang menyajikan tutorial PhotoShop ini dari pemula hingga profesional asalkan kamu benar-benar ingin belajar.

3. Adobe Illustrator



   Ya tepat sekali seperti yang kalian fikirkan. Adobe Illustrator ini memang masih saudara kandung dengan Adobe Photoshop maka dari itu dari segi Interface terbilang mirip, tapi fungsi dan kegunaannya berbeda dengan Photoshop justru lebih mirip dengan dengan Corel Draw. Kemampuannya yang handal dalam mengelola gambar berjenis vektor. Seperti pembuatan logo perusahaan, desain kaos, kartun dan masih banyak lagi.

   Software ini juga tepat untuk pengelolaan gambar berbasis vektor selain Corel Draw.

4. Adobe InDesign



   Lagi-lagi pemikiran anda benar, dilihat dari namanya saja sudah jelas bahwa Adobe InDesign ini masih saudara kembar dari Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Seperti yang kita ketahui, hampir semua software buatan Aobe memiliki fungsi yang canggih dan hebat. Begitu pula dengan Adobe InDesign kamu tidak perlu ragu dengan fitur-fiturnya.

  Apakah kalian ingin membuat majalah, brosur, poster atau buku? mungkin software ini bisa menjadi rujukan kalian, karena fungsinya yang sangat berguna dalam pembuatan majalah, koran dan buku. Maka tidak heran jika software ini menjadi software dengan layout terbaik dalam hal desain grafis, yang menjadi andalan perusahaan percetakan.

  Selain itu, tools yang tersedia pada InDesign ini juga tergolong mudah dipelajari dan digunakan untuk pemula, apalagi tutorial dari Adobe InDesign ini tersedia dengan cuma-cuma di internet.

5. Inkscape



   Jika dilihat dari segi fungsinya, Inkscape bisa digolongkan seperti adobe Corel Draw, Adobe Illustrator dan software berbasis edit digital vektol lainnya. selain mudah digunakan, software yang satu ini juga bersigat Open-Source.

   Jadi kita bisa menggunakan Inkscape secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Terlebih software ini tergolong ringan karena tidak membutuhkan System Requirement yang tinggi. jadi kita bisa menggunakan komputer yang spesifikasinya masih rendah, jika kalian mencari software desain grafis yang ringan mungkin Inkscape adalah pilihan yang tepat.

6. Xara Designer



   Xara Designer adalah sebuah software desain grafis yang dirancang khusu untuk membantu pengguna dalam menciptakan logo, undangan, poster, brosur hingga pembuatan grafis web seperti pembuatan tombol dan animasi flash.

   Untuk Xara Designer yang hanya berukuran 120 MB ini juga mampu menerima berbagai macam format file seperti BMP, EPS, JPEG, PNG, GIF, PSD, CDR, AL dan masih banyak lagi.

7. Macromedia Freehand



   Macromedia Freehand merupakan sebauh softwere yang bisa kita andalakan untuk pembuatan desain banner, brosur, undangan dan lain-lain. Software yang masih menjadi anak dari keluarga besar Adobe Corporation ini masih sangat terkenal dikalangan desainer karena fitur-fiturnya yang cukup lengkap dan mudah digunakan bagi para desainer

   Meski memiliki fungsi yang sama dengan Corel Draw, software ini cenderung lebih mudah digunakan dimana pengguna juga bisa mensesuaikan tampilan antarmuka untuk mengatur ruang kerja sesuai dengan kebutuhan.

8. Manga Studio



   Mendengar namanya saja mungkin kamu sudah tau apa kegunaan dari software desain grafis yang satu ini. Ya benar, Manga Studio hadir untuk banyak orang yang ingin berkreasi menciptakan manga dari awal dengan menggunakan beragam fitur-fitur canggihnya.

  Jika dilihat dari tampilan dan fungsi, Manga Studio bisa dibilang mirip dengan Photoshop. Namun bedanya software asli buatan jepang ini dirancang khusus untuk membuat kartun Manga dan Comic.

9. PosteRazor



   jika pada software sebelumnya dikhususkan untuk pembuatan logo, maka berbeda dengan PosteRazor yang dirancang khusus untuk membuat poster. Cara kerja program ini adalah dengan memotong gambar raster menjadi potongan-potongan yang kemudian dapat dicetak menjadi sebuah poster. 

  Poster yang dihasilkan nantinya juga bisa disimpan dalam bentuk dokumen PDF multi-page. Selain memiliki tampilan interface yang sederhana, software ini juga mudah dalam penggunaanya. jika membicarakan format gambarnya, PosteRazor hampir mendukung semua tipe file antara lain: PNG, JPEG, BMP, WBMP, XPM, PCX dan lain-lain.

10. AAA Logo



   Jika kamu ingin membuat sebuah logo keren tapi kamu tidak menguasai Corel Draw mungkin software bernama AAA Logo ini menjadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan.

   dengan menggunakan software ini, kamu bisa menciptakan sebuah logo yang keren secara mudah, cepat dan praktis. Karena sang pengembang telah menyediakan berbagai jenis template logo sehingga pengguna hanya perlu memberikan sedikit desain tambahan agar terlihat lebih menarik.


   Terimakasih karena telah mengunjungi DokTrenTKJ mungkin hanya itu saja artikel DokTrenTKJ mengenai 10 software desain grafis semoga bermanfaat bagi kita semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Software Untuk Desain Grafis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel