Cara Menghidden File Explorer Menggunakan CMD Mudah!!!

Cara Hidden File Dengan Mudah


   Kembali lagi bersama DokTrenTKJ di artikel kali ini DokTrenTKJ ingin bagi-bagi tips mudah dan cukup bermanfaat bagi kalian yang punya rahasia dengan file-file di laptop kalian. HIDDEN FILE, yaa memang terkadang kita harus menjaga file-file penting atau rahasia kita degan berbagai cara beberapa hari yang lalu DokTrenTKJ sudah memposting cara memberi password pada Dokumen Office yang kita buat dan kali ini masih dengan tema yang sama yaitu sembunyi-sembunyian.

   Hidden sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti menyembunyikan atau bersembunyi jadi sudah sangat jelas maksud dari hidden ini adalh menyembunyikan file kita agar tidak terlihat bila hanya dilihat dengan mata biasa tetapi tetap bisa dilihat apabila menggunakan mata batin hehehee..

   Jadi langsung saja kita pelajari bersama bagaimana cara menghidden file yang ada di Windows Explorer kali ini kita gunakan cara yang mudah dan sudah di OS Windows itu sendiri yang pertama adalah menghidden menggunakan menu penghidenan yang ada di setelan windows dan yang kedua kita akan menghidden file menggunakan CMD langsung saja cekidot>>>.

Hidden File Menggunakan Menu Hidden Di Windows Explorer

Buka File Explorer Kalian Dan Pilih File Yang Akan di Hidden

  Setelah membuka File Explorer pilih file yang akan di hidden lalu klik kanan dan pilih Properties seperti pada kotak merah di bawah.


 Setelah memilih Properties akan mucul menu settingan seperti di bawah ini lalu ceklis pada bagain yang di beri tanda merah di bawah.


 Maka otomatis akan muncul pemberitahuan seperti di bawah, jika sudah muncul pilih saja Apply changes to this folder, subfolders and files lalu pilih OK. Tunggu saja prosesnya hingga selasai.


 Setelah proses selesai maka otomatis file yang tadi kita hiden akan menghilang dari tampilan Explorer.

 

 Lalu bagaimana jika ingin mengeluarkan lagi File yang tadi kita hidden? mudah saja, ikuti langkah di bawah.


 pilih view lalu buka Options.


 pilih view lalu pilih Show Hidden Files, Folders and Drivers yang ada pada kotak merah di atas, setelah itu maka folder yang kita hidden tadi akan muncul kembali tapi masih dalam attribut hidden.


 Nah jika sudah muncul seperti diatas lalu hilangkan attribut hidden yang ada di file ini dengan cara seperti di atas tadi saat kita memberikan attribut hiden yaitu klik kanan-Properties-lalu hilangkan ceklis pada attribut hiden, lalu selesai sudah.

Hidden File Explorer Menggunakan CMD

  Justru menurut saya menghidden file menggunakan CMD lebih mudah dari pada harus melakukan banyak langkah seperti menghiden menggukan Fitur yang ada di Windows Explorer seperti diatas tadi langsung saja kita pelajari cara menghidden file menggunakan CMD ini, kita hanya cukup menghafal beberapa kode antara lain seperti di bawah ini.

D:

{kode untuk membuka dimana letak file ex D: berarti file yang di hidden ada di partisi D }

Attrib +s +h +r *nama file yang ingin di hidden*

{kode untuk menghidden file}

Attrib -s -h -r *nama file yang ingin di hapus attribut hiddennya*

{kode untuk menghapus attribut hidden}

  
 Untuk lebih mudah silahkan lihat gambar di bawah.

Buka CMD Kalian


 Jika sudah buka kode partisi file yang akan saya hidden ada di data D. silahkan kalian buka dimana partisi file kalian.


  Setelah membuka kode partisi langusung saja ketikkan kode untuk menghidden filenya Attrib +s +h +r *nama file yang ingin di hidden*  Setelah itu tekan enter maka file yang di hidden akan langsung hilang.






















Lalu jika ingin mengembalikan file yang tadi kita hidden langsung saja ketikkan kode untuk menghapus attribut hiddenya, Attrib -s -h -r *nama file yang ingin di hapus attribut hiddennya* Setelah itu langsung tekan enter maka file yang tadi kita hidden akan muncul kembali.


 Bagaimana mudahkan silahkan saja lakukan eksperimen sendiri agar kalian bisa mendapatkan wawasan lebih terimakasih telah mengunjungi DokTrenTKJ semoga saja artikel ini dapat bermanfaat dan silahkan saja baca artikel-artikel lain yang mungikin bisa berguna bagi kalian sampai jumpa next time.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menghidden File Explorer Menggunakan CMD Mudah!!!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel