Perbedaan Jurusan TKJ, RPL dan Multimedia

  Hai sobat DokTrenTKJ, pada artikel kali ini DokTrenTKJ akan membahas 3 macam kejuruan yang berbasis IT, karena banyak sekali lulusan-lulusan SMP/Mts yang kebingungan untuk menentukan ingin masuk ke SMK mana. Walaupun sebenarnya banyak sekali SMK dengan berbagai Jurusan yang berbeda-beda.

Perbedaan Jurusan TKJ, RPL dan Multimedia

  untuk kalian yang masih bingung apasih perbedaan antara TKJ, RPL dan Multimedia. Silahkan baca artikel ini sampai selesai karena DokTrenTKJ akan menjabarkan perbedaan yang kompleks antara TKJ, RPL dan Multimedia, langsung saja kita bahas bersama


1. Tehnik Komputer & Jaringan (TKJ)

     Tehnik Komputer & Jaringan atau lebih dikenal dengan sebutan TKJ merupakan salah satu jurusan di SMK yang mempelajari mengenai cara-cara merakit serta menginstalasi program komputer. Pada saat ini memang sudah banyak sekali SMK yang membuka jurusan TKJ ini. Maka tak jarang mudah untuk meemukan jurusan ini di setiap SMK.
   TKJ sendiri adalah model pendidikan kejuruan yang memiliki basis teknologi serta komunikasi. pada saat ini jurusan tehnik komputer dan jaringan sudah mulai banyak diirik oleh kalangan Publik. Karena jurusan ini adalah jurusan yang dapat langsung diimplementasikan di lingkungan dunia kerja.
    Apabila kamu ingin masuk ke jurusan ini, maka nantinya kamu akan mempelajari tentang hardwere dan sofwere kompute. Tapi semenjak berlakunya kurikulum 2013, dalam mempelajari hardwere lebih berkurang yaitu hanya akan mempelajari hardwere sekitar 40% saja. Sedangakan untuk softwere nantinya akan dipelajari sebanyak 60%. pada jurusan ini softwere yang dipelajari bukan membuat sebuah softwere atau aplikasi, namun lebih mengarah ke administrasi jaringan komputer.

2. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

  Secara umum Rekayasa Peragkat Lunak atau RPL adalah terjemah dari istilah Softwere Engineering. Istilah ini mulai populer pada tahun 1968 di Softwere Engineering Conference yang pernah diselenggarakan oleh NATO. Banyak orang yang berasumsi bahwa jurusan RPL hanya sebatas membuat program komputer saja. padahal sebenarnya terdapat perbedaan yang sangat mendasar antara softwere dan program komputer.
   Perbedaannya yaitu perangkat lunak atau softwere merupakan saluran perintah yang digunakan untuk memproses informasi dan dapat berupa program atau prosedur. Sedangkan program merupakan sebuah kumpulan perintah yang dipahami oleh komputer dan prosedur merupakan sebuah perintah yang diperlukan oleh pengguna dalam memproses informasi.
   Jadi jika kalian gemar untuk mengotak-atik kode Pemrograman, suka dengan bahasa pemrograman serta ingin menjadi programer. maka jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL menjadi salah satu jurusan yang wajib kamu pilih.

3. Multimedia

    Secara bahasa Multimedia berdiri dari dua suku kaya yaitu "Multi yang artinya banyak dan "Media" uang artinya sarana, alat atau bahasa baik bahasa lisan, tulisan, gambar, suara atau bunyi maupun gerak ang digunakan dalam proses penyampaian pesan (gagasan, insormasi, himbauan dan lain sebagainnya). Maka secara harfiah dapat kita artikan Multimedia berarti banyak media atau aran yang digunakan dalam penyampai pesan.
     Tidak semua SMK yang membuka jurusan Multimedia hanya mempelajari dalam pembuatan dilm dan animasi saja. Namun juga banyak SMK yang juga mempelajari mengenai cara mendeasi sebuah kemasan produk, mendesain poster, undangan dan browser samapi mendesan sebuah cover CD.


    Mungkin hanya itu pembahasan yang bisa DokTrenTKJ sampaikan pada kalian semua mengenai perbedaan di atas hanyalah sebuah perbedaan pada jurusan dan pembelajaran saja bukan pada perpecah belahan agama nusa dan bangsa (_"-"_) hehehee,,, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perbedaan Jurusan TKJ, RPL dan Multimedia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel